Penyebab Komputer / Laptop Sering Restart

Hai sobat bagaimana kabarnya hari ini, semoga baik dan sehat selalu ya.
Masih bersama saya di www.rdytea.com, blog yang membahas tentang ilmu komputer dan internet. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas "Penyebab Komputer / Laptop Sering Restart". Semoga artikel ini mudah di fahami dan bermanfaat bagi sobat-sobat.

Penyebab Komputer / Laptop Sering Restart

Setelah sebelumnya membahas komputer yang sering mati sendiri, sekarang komputer / laptop sering restart sendiri sungguh sangat kesal jika sobat sedang di kejar dead line pekerjaan tetapi komputer / laptop sobat malah seperti itu, hal ini tentu sangat menjengkelkan.

Beberapa Kemungkinan Komputer Restart Sendiri Secara Tiba-Tiba :

1. Prosessor kepanasan - Prosessor yang terlalu panasa atau biasa disebut overheat akan membuat komputer jadi sering merestart dengan sendirinya. Untuk mencegah agar komputer tidak kepanasan, sebaiknya lakukan tips berikut :
  • Lihat keadaan temperatur di menu Hardware Monitor pada BIOS.
  • Cek secara manual dengan cara membuka casing CPU dan raba langsung temperatur di bagian pendingin (cooler) prosessor.
  • Gunakan program monitoring temperature misalkan CPUID Hardware Monitor. Sedangkan untuk mengatasinya jika prosessor komputer sobat sudah terlanjur kapanasan (overheat) maka lakukanlah hal-hal berikut ini :
  • Selalu bersihkan debu yang ada pada Casing CPU serta Pendingin Processor. Sobat dapat memakai kuas cat yang bersih serta vacum cleaner kecil.
  • Gunakan thermal paste sebagai penghubung untuk merekatkan bagian Processor dengan Pendingin. Untuk thermal paste yang telah kering sebaiknya segera diganti.
  • Tempatkan komputer pada ruangan yang tak terlalu panas. bila terpaksa harus menyimpan komputer pada ruangan yang panas, sebaiknya lengkapilah casing CPU menggunakan kipas angin tambahan.
  • Gunakan program monitoring temperatur semisal CPUID Hardware Monitor untuk mengetahui lebih dini keadaan kepanasan/ overheat Processor.

2. Power Supply Kekurangan Daya - Salah satu penyebab komputer sering restart sendiri adalah power supply yang menyuplai daya ke CPU sudah tak maksimal lagi. Hal ini mungkin terjadi dikarenakan karena kipas angin di power supply yang macet atau mati. Karena hal tersebut, akan menyebabkan overheat pada power supply. Jika sobat merasa curiga pada performa Power Supply, lebih baik gantilah bagian power Supply tersebut menggunakan Power Supply yang terbukti berfungsi dengan baik. Untuk keperluan komputer saat ini, baiknya gunakan Power Supply berdaya setidaknya 530 Watt.

3. VGA Card Rusak - VGA Card terbaik yang terdapat pada slot AGP atau PCI jika mengalami kerusakan juga bisa menyebabkan komputer sering restart sendiri. Adapun ciri-ciri VGA Card yang rusak adalah akan terasa  mudah panas bagian pendinginnya, dan tampilan gambarnya menjadi tidak bagus atau rusak.

4. Hard Disk Bad Sector - Hard disk yang rusak atau  bad sector dapat menyebabkan komputer menjadi hang, biasanya akan muncul pesan bluescreen of death atau komputer tidak bisa boatingdan restart terus. Untuk mengatasinya, jalankan program scandisk atau checkdisk dan defrag hard disk secara teratur dan pastikan menekan tombol shutdown ketika mematikan komputer.

5. RAM Rusak - Komputer sering restart sendiri meskipun masuk ke windows safe mode, lebih baik gantilah RAM yang telah terpasang dengan yang baru.

6. Sistem Operasi Crash - Jika Sistem Operasi yang crash sobat hanya perlu install ulang saja, cara cek nya sobat masuk aja di menu BIOS apakah tidak restart lagi, jika tidak maka dipastikan yang rusak adalah sistem operasi (Windows, Linuk, IOS, Dll).

Sekarang sobat sudah mengetahui penyebab komputer restart sendiri sehingga sobat dapat mengatasinya bila hal tersebut terjadi pada komputer sobat. Dan semoga artikel ini dapat membantu.

0 Response to "Penyebab Komputer / Laptop Sering Restart"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel