Cara Mengatasi Lag / Lemot pada Game PES

rdytea.com - Pro Evolution Soccer atau PES adalah salah satu Game Sepakbola yang bersaing dengan FIFA Soccer, tetapi PES lebih di gandrungi daripada FIFA khususnya di sebuah komputer karena untuk memainkan PES kita tidak perlu komputer yang bersepesifikasi tinggi seperti FIFA Soccer.

Cara Mengatasi Lag / Lemot pada Game PES
sumber gambar PES 2017 di ambil dari search di google image

Spesifikasi minimal PES 2013 yang menurut sebagian orang adalah seri PES terbaik saja hanya membutuhkan prosessor minimal pentium IV 2.4Ghz, VGA 128 MB dan jika ingin lancar bermain maka spesifikasi yang harus di siapkan yaitu intel core2 duo 2.0Ghz dengan RAM 2 GB dan VGA 512 MB.

Jika komputer sobat melebihi spesifikasi diatas tentunya game PES sobat dipastikan akan berjalan dengan lancar dan jika dibawah itu tentunya akan banyak sekali kendala untuk bermain game tersebut.

Tetapi meskipun spesifikasi komputer sudah tinggi tetap selalu ada lag / lemot pada saat replay, itu adalah hal yang pernah saya alami sendiri, ketika bermain memang lancar tetapi saat tayangan ulang / replay game seperti yang sangat berat.
Apa masalahnya dan bagaimana cara mengatasi Lag / Lemot PES tersebut ?
Lag / Lemot tersebut sebenarnya bermasalah pada VGA Card yang memakai VGA Onboard (VGA Card bawaan komputer/laptop), meskipun VGA Card Onboard bersepesifikasi tinggi memang terkadang tidak terbaca oleh PES jadi seolah-olah Game PES tersebut tidak terbaca.

Tetapi jangan khawatir sobat, saya akan memberitahu bagaimana cara mengatasinya, trik ini saya temukan sebenarnya hasil dari searching di google. Dan cara ini berhasil saya terapkan di Game PES 2013 dan PES 2017 dan untuk game PES 2016, PES 2015 dijamin akan berhasil karena di game PES 2017 pun berhasil.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengatasi lag / lemot pada game PES semua versi :


1. Terlihat di setting spesifikasi cukup tinggi tetapi VGA tidak terbaca
Cara Mengatasi Lag / Lemot pada Game PES

2. Langkah pertama yang harus di lakukan sobat adalah cari file config.exe yang berada di source folder PES sobat, dan lakukan settingan seperti di bawah ini di Misc setting (kotak merah)
Cara Mengatasi Lag / Lemot pada Game PES

3. Setelah selesai pindahkan ke tab selanjutnya yaitu LOD configuration dan lakukan langkah yang berada di kotak merah lagi
Cara Mengatasi Lag / Lemot pada Game PES

4. Jika sudah tekan tombol save dan langsung cari file manager.exe di folder yang sama dan pilih PESEDIT.exe jika mengunakan patch PESEDIT atau jika mengunakan patch PESID maka pilih PESID.exe lalu tekan tombol attach dan jika sudah berhasil silahkan di close saja.
Cara Mengatasi Lag / Lemot pada Game PES

5. Langkah terakhir buka settingan PES dan ikuti petunjuk di kotak merah dan untuk resolusi silahkan di sesuaikan dengan monitor sobat.
Cara Mengatasi Lag / Lemot pada Game PES

Catatan :
  • Cara ini dapat dilakukan di PES semua versi
  • File config.exe dan manager.exe berada di folder instalasi pes
  • Saya telah mencobanya di pes 2013 dan pes 2017
  • Menggunakan PESEDIT ataupun PESID sebagai Patchnya tidak ada masalah karena pengaturan kitserver13 sama saja

Terimakasih telah membaca artikel cara mengatasi lag / lemot pada game PES semoga cara ini membantu sobat yang membutuhkan dan jika ada pertanyaan seputar cara ini atau kurang jelas sobat dapat berkomentar di kolom komentar yang sudah disediakan dibawah.

4 Responses to "Cara Mengatasi Lag / Lemot pada Game PES "

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel